SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANG SELATAN - Sidik Maulana (21) warga Lingkungan Samoja Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan berhasil meraup keuntungan jutaan rupiah dari hasil beternak ikan lele. Sidik memulai budidaya lele sejak pandemi Covid-19 melanda.

"Awal mula terjun ke budidaya lele saat pandemi covid, jenuh, tidak ada kegiatan perkuliahan," kata mahasiswa semester V STKIP Sebelas April Sumedang ini, Senin (7/12/2020).

Sidik menyebutkan, aa mulai mencoba budidaya ikan lele konsumsi dengan modal seadanya, dan ilmu yang didapat dari kakaknya. Pada periode pertama itu Ia memasukan 2000 ekor bibit lele ke dua kolam berukuran 2x1,5 meter di halaman rumahnya. Dari 2000 ekor itu Sidik bisa panen sampai 2 kwintal lele dalam 3 bulan.

"Dari sekitar 2 kwintal itu keuntungan bersihnya sekitar Rp 4 juta," ucapnya.

Hasil panen lele, kata Sidik, dijual ke tengkulak. Menurutnya, hasil dari budidaya lele cukup membantu perekonomiannya yang masih kuliah. Ia pun bertekad menambah kolam agar bisa lebih banyak menebar benih lele.

"Buat para pemuda jangan patah semangat di masa pandemi ini, usaha apa saja, asal ditekuni hasilnya pasti akan baik," ucapnya. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)