UJUNGJAYA - Mangga Gedong Gincu mulai dijual ke luar negeri. Mangga Gedong Gincu yang merupakan produk unggulan Sumedang ini  diekpsor ke  Rusia.

"Ini ekspor perdana mangga asli Sumedang, yakni gedong gincu,” kata Supian yang menggagas ekspor ke Rusia disela pelepasan ekspor perdana mangga gedong gincu Sumedang dan harumanis ke Rusia, di Dusun Bojongterong Desa Palabuan Kecamatan Ujungjaya, Minggu (24/11/2019).

Dikatakan, mangga yang dikirim ke Rusia dalam kondisi setengah matang. Sehingga, saat di Rusia mangga sudah matang dan siap dimakan.  Mangga yang dikirim ke Rusia tersebut,  diambil dari perkebunan di Desa Cintajaya Kecamatan Jatigede.

"Lam aperjalan menuju Rusia sekitar 3-4 hari dan saat sampai di Rusia mangga sudah matang. Kami kirim satu ton dulu karena ini masih percobaan. Selain itu stok di Sumedang untuk sekarang juga tinggal 1 ton," ucapnya.

Di Rusia, kata Supian, mangga dijual Rp. 75.000 per buahnya.  "Untuk dijual memang harganya lumayan, Rp. 75.000 per buah. Hanya ongkos kargo pesawat juga lumayan, Rp. 3.500 per Kg. Sedangkan kalau dijual di sini Rp. 75.000 bisa dapat 3 Kg," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)