SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Hasil kegiatan survey Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap leyanan puskesmas menyatakan kategori baik alias cukup puas.

“Target Indikator Kinerja Utama  atau IKU Indeks Kepuasan Masyarakat pada  tahun 2019 berada pada kategori baik dengan point 85, dan capaian tahun 2019 adalah 82,5 point dengan capaian kinerja 97,06%,” kata Kepala Dinas Kesehatan Dadan Sulaeman, Sabtu (18//2020).

Menurut Dadang, dengan hasil tersebut dipersepsikan bahwa tingkat kepuasan masyarakat di Kabupaten Sumedang terhadap pelayanan di puskesmas berada pada kategori baik atau cukup puas.

Kegiatan ini ditujukan untuk memperoleh gambaran terhadap mutu pelayanan yang diberikan agar mendorong puskesmas memperhatikan mutu layanan secara berkelanjutan. Kegiatan ini dibiayai anggaran sebesar Rp. 100 juta namun hanya terserap sebesar 74 persennya saja.

Output kegiatan ini adalah jumlah dokumen survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sedangkan outcome dari kegiatan ini adalah meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas.

Lebih jauh, Dadang menjelaskan kepuasan masyarakat meningkat setelah puskesmas menyediakan layanan gawat darurat 24 jam, Poned 24 jam, dan layanan USG. Namun, Dadang menyebutkan belum semua puskesmas menyediakan layanan tersebut karena terkenda dana juga faktor lainnya yang masih sulit diatasi seperti kekurangan tenaga medis seperti dokter dan tenaga medis tertentu. Namun, pelayanan-pelayanan tersebut, dipastikan Dadang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di beberapa wilayah.

“Kami membagi masyarakat ke dalam wilayah berbeda-beda, nah, setiap wilayah itu dipastikan ada satu puskesmas yang melayani itu semua, sehingga masyarakat di luar kecamatan masih dapat mengakses puskesmas di wilayah atau zonanya tersebut,” kata Dadang.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)