SUMEDANG.GO.ID., RANCAKALONG - Camat Rancakalong, Ili meminta masyarakat bisa berpartisipasi dalam berbagai bentuk kerelawanan dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana alam. Menurut camat, Rancakalong mempunyai topografi berbukit sehingga rawan terjadi bencana tanah longsor, terutama pada musim penghujan.

"Masyarakat non pemerintahan juga diharapkan bisa mengetahui tanda-tanda potensi bencana. Ini guna mengurangi resiko jika terjadi bencana," kata Ili, kegiatan pembinaan penanggulangan bencana alam di Aula Kecamatan Rancakalong, Kamis (27/2/2020).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Danramil Rancakalong Kapten. Arh. Rusnendi, Kapolsek Rancakalong AKP Supriadi, Kasi BPBD Kabupaten Adang, serta tiga puluh orang peserta.

"Penanggulangan bencana ini berlaku bagi semua relawan, baik yang berasal dari organisasi masyarakat, LSM, perguruan tinggi, sektor swasta maupun pihak lainnya," katanya.

Dengan pembinaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat. Dengan penanggulangan bencana ini, kata Ili, dapat menjadi acuan dan panduan bagi relawan maupun masyarakat yang terkait dalam melibatkan diri pada kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana.

"Untuk meningkatkan kapasitas relawan agar dapat bekerja dengan terkoordinasi, efektif dan efisien dan meningkatkan kinerja. Kenali gejala dan cara penanggulangan bencana alam, dan juga klasifikasi bencana alam," tuturnya. *** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)