Masyarakat Jangan Mendekat Lokasi Longsor Cilipung, Waspada Longsor Susulan


Baca juga : Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin
Waspada Bencana Saat Musim Hujan
4 Petani Diterjang Longsor Saat Berteduh, 2 Diantaranya Meninggal Dunia
Bupati Pimpin Apel Siap Siaga Penanggulangan Bencana
12 Pihak Tangani Karhutla Tampomas


PASANGGRAHAN - Menindaklanjuti perintah Bupati Sumedang untuk melakukan upaya penanggulangan sekaligus rehabilitasi pascabencana longsor di Dusun Cilipung, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, unsur BPBD Kabupaten Sumedang, TNI, Polri, Satpol PP, Kecamatan Sumedang Selatan, Kelurahan Pasangrahan baru, dan tokoh masyarakat setempat, Senin (27/1/2020), terjun ke lokasi bencana.

"Kami telah melakukan pengecekan ke lokasi termasuk menelusuri bagian hulu sungai. Di bagian atas titik awal longsoran, ada sawah masyarakat sekitar 3 hektare dengan usia padi 1 bulan lebih. Menurut pengamatan kami, longsoran susulan masih akan terjadi karena masih ada pergerakan tanah," ujar Kasi Cegah Siaga Bencana pada BPBD Adang.

Untuk mencari solusi atas kebutuhan air bersih yang dibutuhkan warga sekitar, baik untuk kepentingan ibadah maupun MCK, telah dipenuhi dari warga setempat yang masih bertetangga.  "Kebutuhan air bersih untuk warga RT 02 dan RT 04 RW 15 sebanyak 25 KK dan Pontren Al Huda sudah bisa terpenuhi dari Bapak Ence Suhada masih warga RW 15  Kelurahan Pasangrahan Baru," katanya.

Pihaknya juga telah memperingatkan warga untuk selalu siaga dan menghentikan sementara pekerjaan di sekitar lokasi bencana. "Kami telah menghimbau kepada masyarakat agar memberi tanda bahaya jika terdeteksi bencana dan melarang mereka beraktivitas di lokasi rawan longsor, termasuk menunda dulu padi yang siap di panen," kata Adang.

Diberitakan sebelumnya, longsor menyebabkan dua orang meninggal dunia atas nama Elan alias Kumis (65) dan  Apong (45) serta dua orang lainnya kritis atas nama Dani (60) dan Uum (50).  Hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu (26/1/2019) telah mengakibatkan debit air di Sungai Cipicung naik dan menyebabkan area pesawahan di Lingkungan Cilipung RT 03 RW 15 longsor pada pukul 14.30 WIB.

Korban Uum dan Dani yang sedang mencari air bersih, Elan yang mengembala ternak bebek serta Apong yang sedang panen terbawa longsor Sungai Cipicung dan tertimbun lumpur. [humas setda/vrs]


Bencana Alam, Longsor, Hujan Deras, Siaga Bencana, BPBD

Berita Terkait