Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati

PPS - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meminta kepada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) agar mengejar berbagai potensi pendapatan daerah. Pasalnya di triwulan ketiga tahun ini, dirinya masih belum melihat ada progres yang mendekati target capaian pendapatan daerah. 

Berdasarkan hasil evaluasi ada beberapa yang sudah tercapai target. Namun juga masih banyak yang belum tercapai.

"Bagi yang sudah tercapai targetnya pertahankan, kalau bisa akhir tahun ini bisa over target. Tapi bagi yang belum tercapai temukan apa yang menjadi kendala, kenali, pahami dan cari solusinya," kata bupati, di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), belum lama ini.

Termasuk, lanjut Dony, dalam hal potensi penarikan pajak di sepanjang Jalan Tol Cisumdawu. Mengingat dipastikan Tol Cisumdawu mulai dari seksi 2 (Pamulihan-Sumedang Kota) dan Seksi 3 (Cimalaka) akan dibuka pada bulan Oktober mendatang.

"Saya minta tugaskan seseorang terus mengakselerasi supaya pembayaran PBB jalan tol bisa segera masuk ke kas daerah. Karena ada proses administrasi berupa aset dari Kementerian PU ke PT CKJT. Maka kita kejar, karena mereka tidak ngurus PBB oleh kita kejar ke Satker Tol dan CKJT sehingga daerah punya manfaatnya," ujarnya.

Lebih jauh, bupati juga meminta semua SKPD teknis agar kreatif dalam melibatkan kerjasama lintas sektoral seperti persetujuan bangunan gedung (PBG) untuk dicek sejauh mana potensi pajaknya.

"Ini pengawasannya harus lebih ketat lagi. Karena apapun yang terpenting pengawasan di lapangan, misalkan di restoran, hotel, kemudian parkir harus diawasi. Sebagus apapun sistem yang dibangun tetap harus ada pengawasan di lapangan," tuturnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)