Menanam Pohon Salah Satu Cara Lingkungan Tetap Terjaga


Baca juga : Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin
Warga Gotong Royong Perbaiki Irigasi yang Jebol


CIMALAKA - Wakapolres Sumedang Kompol Erwinsyah menghadiri kegiatan Peduli Tampomas di Cipadayungan, Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka, Rabu (8/1/2020). Menurut Wakapolres Kompol Erwinsyah, seluruh unsur pemerintah dan masyarakat harus menjaga lingkungannya agar tetap aman dan nyaman, mengingat cuaca tahun ini terbilang ekstrim.  

Erwinsyah mengingatkan dalam menghadap siaga bencana alam ada tiga tahapan yang perlu disiapkan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakatnya. Ketiga tahapan yang di jelaskan diantaranya siaga bencana, kejadian dan pascakejadian. "Tiga tahapan yang perlu didukung dan di pahami semua pihak," ujarnya.

Tahap siaga bencana merupakan kegiatan pencegahan bencana, seperti menanam pohon, membersihkan lingkungan dan memperbaiki saluran air agar tidak terjadi penyumbatan. "Semua elemen perlu bergotong royong membersihkan lingkungan, menjaga lingkungan. Menanam pohon salah satu cara agar lingkungan tetap terjaga," katanya.

Tahap kejadian dan pascakejadian pemerintah perlu ada bersama masyarakat membangun dan memberikan arahan terhadap masyarakat untuk melanjutkan hidupnya setelah kejadian. Tidak hanya menanam pohon, Kompol Erwin juga mewanti wanti agar setiap tanaman harus tetap terpenuhi kebutuhan airnya di musim kemarau.  "Musim kemarau setiap tanaman yang hari ini kita tanam harus tetap hidup, harus tetap dijaga," katanya. (vrs)


bencana alam, waspada longsor

Berita Terkait