SUMEDANGKAB. GO.ID, WADO - Petani sekitar hutan di Desa Ganjaresik, merestrukturisasi kepengurusan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) untuk memberdayakan potensi hutan yang berada di wilayah Ganjaresik.
Pelaksanaan musyawarah penggantian pengurus LMDH tersebut atas dasar pertimbangan karena pengurus yang lama tidak melaksanakan tugas dengan optimal dan belum memberikan manfaat yang nyata terhadap anggotanya serta munculnya sejumlah permasalahan terkait lahan hutan.
"Kami punya tugas bagaimana melaksanakan pemanfaatan sumberdaya air yang bersumber dari kawasan hutan. Karena selama ini kendala utama petani adalah sumber air," ujar Sutisna, Ketua LMDH Ganjaresik, Senin (12/10/2020).
Sutisna mengatakan, banyak potensi yang perlu dikembangkan di sekitar hutan. Selama ini pemberdayaan lingkungan hutan memang kurang maksimal, sehingga hasil dari potensi hutan minim.
"Mudah -mudahan setelah kami bersama-sama komitmen kami bisa mengelola lahan sekitar hutan dan mendapatkan hasil bagi petani sekitar hutan," katanya.
Penyuluh Kehutanan , Muh. Raidusodik, menyatakan keberadaan LMDH akan sangat membantu para petani dalam pengelolaan sumber daya hutan
Ia meminta LMDH untuk melakukan hal yang mendasar, seperti penataan kawasan yang dikelola LMDH, kemudian mengkaji dan menganalisa kembali potensi lahan sekitar hutan. Keterampilan penguasaan teknik petani dan termasuk pengelolaan sumber daya air. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)