Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKOPUKMPP - Harga beras di pasar rakyat Sumedang memasuki bulan Juni naik lagi. Berdasarkan catatan, pihak UPTD Pasar Sumedang wilayah kota harga beras di pasar rakyat Sumedang mengalami kenaikan antara Rp. 500 - 1000 perkg.

Untuk beras katagori kelas 1 misalnya yang awalnya Rp. 15.000 per kg kini menjadi Rp. 16.000 per kg dan beras kelas 3 yang awalnya Rp. 12.5000 kini menjadi Rp. 13.000 per kg.

Untuk mengatasi kenaikan harga beras ini pihak DiskopUKM PP Kabupaten Sumedang kini mulai menggelar Operasi Pasar Murah (OPM).

Kepala DiskopUKMPP Kabupaten Sumedang Agus Kori Hidayat mengatakan OPM ini digelar sebagai antisifasi naiknya harga kebutuhan pokok masyarakat khususnya beras yang sejak awal Juni ini sudah mulai terasa.

"Kegiatan OPM digelar disetiap kecamatan secara terjadwal dengan komoditi yang dipasarkan antaralain beras SPHP, minyak goreng, terigu, gula pasir, garam dan juga telur," jelas Agus Kori, Jumat 7 Juni 2024.

Ditambahkan Agus, untuk beras misalnya dalam OPM ini dijual Rp. 58.000 per 5 kg, minyak goreng 0,9 liter Rp. 14.700, terigu 1 kg Rp. 9500, gula pasir 1 kg Rp. 17.000 dan garam Rp. 1250.

Sejauh ini, dinas telah menggelar OPM di 5 kecamatan yaitu Cibugel, Rancakalong, Jatinunggal, Ujungjaya dan Sumedang Utara. Untuk Sabtu, 8 Juni 2024 OPM di Kecamatan Cisitu dan Kecamatan lainnya menyusul karena memang jadwal untuk OPM ini telah disusun dan semua kecamatan terjadwal.

Sementara itu, dalam pelaksanaan OPM yang digelar di setiap Kecamatan ini pihak DiskopUKMPP Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan pihak Bulog.

Agus pun berharap dengan digelarnya OPM dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang murah sehingga bisa membantu mengurangi beban mereka. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)