TANJUNGKERTA - Puncak-puncak bukit kini banyak dijadikan tempat wisata. Salah satunya bukit Samlengoh di Gunung Datar, Desa Gunturmekar, Kecamatan Tanjungkerta. Kawasan perbukitan ini dijadikan tempat wisata dan berkemping. Pemkab Sumedang juga membantu melakukan penataan infrastrukturnya. Jalan menuju Samlengoh di aspal hotmiks, penataan tempat parkir dan sarana lainnya digelontorkan. “Jalan menuju Samlengoh diaspal hotmiks dengan sumber dana dari Dana Insentif Daerah (DID) begitu juga dengan penataan sarana dan prasaranya,” kata Bupati Dony Ahmad Munir.

Pemandangan pesona alam yang indah dari puncak bukit, kawasan Sumedang kota yang dibelah jalan tol Cisumdawu terlihat. Gunung Tampomas dan Ciremai seolah berdampingan terlihat jelas. Kawasan utara Sumedang sampai Indramayu terlihat.

Danny Subagja salah satu pengunjung Samlengoh berpendapat tempat kemping di Tanjungkerta dapat jadi salah satu alternatif baru untuk  santai. "Pemandangannya bagus, saat malam hari kita bisa melihat Sumedang kota bermandikan cahaya lampu,  pagi hari udara yang sejuk dengan pemandangan pagi yang indah, harga tiketnya murah dan sudah ada kamar mandi," katanya.

Samlengoh menyediakan tempat camping luas dengan kapasitas 75 tenda, bisa menampung 250 orang . Harga tiket berkisar antara Rp 5.000 untuk siang hari dan Rp 10 ribu untuk malam hari. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)