Menilai Pembinaan Pramuka Sumedang


Baca juga : Wabup Erwan Pimpin Upacara HUT Pramuka


PRAMUKA - Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menerima Tim Penilai Kwarcab Tergiat Tingkat Jawa Barat di Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, Jumat (13/12)..
 

Ketua Tim Penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Daerah Jawa Barat Syahrul menyebutkan, penilaian tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap menjelang berakhirnya masa jabatan Kwarda Jawa Barat. "Perlu kami sampaikan bahwa kepengurusan Kwartir Daerah Jawa Barat  akan berakhir Mei Tahun 2020. Maka dari itu, Kwarda Jawa Barat melaksanakan penilaian ini untuk melihat sejauh mana tingkat pembinaan kami terhadap Kwartir Cabang," katanya.

Syahrul mengatakan bahwa Kwarcab Sumedang masuk Kategori Sedang.  "Sistem penilaian kami menggunakan kategori Kwarcab Besar, sedang, dan kecil. Sumedang masuk kategori yang sedang dengan saingannya Majalengka, Bandung Barat, Ciamis, Purwakarta, dan Bekasi," katanya.

Ada limas aspek yang dinilai dalam tim penilaian kwarcab tergiat. Diantaranya, bidang organisasi, pelatihan, pendidikan dan penelitian, kepramukaan dan satuan karya,  adimas dan humas, administrasi, kerjasama, keuangan dan usaha.
..
"Penilaian dalam menentukan kwarcab tergiat, penjumlahan nilai dilakukan secara on the spot. Nilai akhir setiap bidang dan skor akhir kumulatif yang diperoleh dari setiap cabang akan langsung ditandatangani. Kemudian, dicantumkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh tim penilai dan penanggung jawab dari kwarcab," katanya.

Wabup H. Erwan Setiawan yang  Ketua Kwarcab mengatakan, penilaian  tidak hanya dalam rangka kompetisi, tetapi sebagai bentuk dorongan dan pembinaan yang potensial membangkitkan motivasi, kepercayaan diri dan daya juang anggota semakin aktif.

"Saya harap Kwarcab Sumedang mampu memperoleh apresiasi positif dari tim penilai sebagai Kwarcab Tergiat yang aktif mengembangkan berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat, mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Pendega, hingga Pembina dan Pelatih serta tertib administrasi," katanya. [mth]


Pramuka

Berita Terkait