Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BLK - Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumedang Taufik Hidayat mengatakan, program pendidikan dan pelatihan vokasi tahap ke-III merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Sumedang dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi (BBPV) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI. Para peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan vokasi ini diprioritaskan untuk para pencari kerja dan calon wirausaha.

Menurut Kepala Dinas Taufik Hidayat, tujuan dari program pelatihan vokasi ini adalah untuk melatih dan mendidik keahlian para pencari kerja dan calon wirausaha. 

"Tujuan utama pelatihan ini untuk melatih dan mendidik keahlian para pencari kerja dan calon wirausaha. Supaya mereka bisa memiliki skill dasar pada bidang keahlian yang disediakan dalam program pelatihan vokasi PBK," ujarnya.

Senada, Kepala UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Rita Fitriani, menjelaskan bahwa pelatihan tahap III ini meliputi bidang menjahit pakaian wanita dewasa sebanyak 1 paket, bidang commis pastry 2 paket, bidang teknisi AC residential 1 paket, bidang digital marketing 1 paket, bidang pengoperasian forklift 1 paket, dan bidang mebeuler 1 paket.

"Untuk tahap ketiga seluruhnya ada 6 bidang pelatihan. Khusus untuk bidang pelatihan Commis Pastry ada 2 paket, soalnya peminatnya lumayan banyak. Setiap paket pelatihan ini, diikuti oleh 16 orang peserta,” terang Rita.

Rita juga mengatakan, dari 6 bidang pelatihan vokasi ini, dua bidang diantaranya yakni bidang menjahit pakaian wanita dewasa, dan bidang commis pastry, nantinya akan langsung mendapatkan penempatan kerja. Sebab sambung Rita, khusus untuk dua bidang keahlian tersebut Pemkab Sumedang telah membuat kesepakatan kerjasama dengan beberapa perusahaan, yang siap untuk menerima tenaga kerja yang memiliki dua bidang keahlian tersebut.

"Program pelatihan ini, merupakan salah satu upaya kami untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil. Kami berharap, program pelatihan ini, dapat menghasilkan tenaga kerja yang potensial, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, serta mampu menciptakan calon wirausaha handal yang siap untuk membuka usaha sendiri," ucap Rita.

(penerbit: sumedangkab.go.id)