MenPANRB apresiasi inovasi Pemkab Sumedang dalam menerapkan SPBE.


Baca juga : Men PAN RB Tjahjo Kumolo Puji Pemkab Sumedang
Kerjasama Sumedang dan Kota Sukabumi, Hibahkan e-Office dan e-Sakip
Satu Institusi di Pemkab Sumedang Satu Inovasi
Warga Sukajaya Rereongan Bangun Rumah Korban Kebakaran


GEDUNG NEGARA - Men PANRB Tjahjo Kumolo mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemkab Sumedang dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) saat peluncuran program Sumedang Public Service and Digital Explore. Men PANRB melakukan kunjungan kerja ke Sumedang sekaligus grand launching Command Center Sumedang, Selasa (23/2/2021).

“Inovasi yang dilakukan Pemkab Sumedang sudah tepat dengan adanya berbagai pembatasan dalam kegiatan sosial secara fisik seperti PPKM skala mikro maka inovasi yang dilakukan sudah tepat. Penggunaan inovasi digital untuk mengubah layanan yang masih bersifat konvensional menjadi layanan digital merupakan suatu keniscayaan,” kata Men PAN RB Tjahjo Kumolo.

Kunjungan kerja Menteri PANRB untuk melakukan sinergitas layanan digital di daerah. “Terima kasih untuk Pak Men PANRB yang telah mengapresiasi progran Pemkab Sumedang.” kata Bupati Dony Ahmad Munir.

Menurutnya, saat ini, ASN tidak hanya dituntut untuk inovatif, namun juga harus informatif. Pemanfaatan teknologi informasi mencakup aktivitas yang saling berkaitan yaitu pengolahan data, pengelolaan informasi, dan sistem manajemen. Penerapan teknologi informasi juga diharapkan mampu memberikan pelayan yang efektif serta efisien terhadap masyarakat. Command Center merupakan pusat kendali dan monitoring data. Selain berfungsi sebagai supporting sistem bagi pengambilan keputusan pimpinan, Command Center ini juga berfungsi sebagai media analisis dan ekspose informasi.” kata Bupati Dony..

Men PANRB mengatakan reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan  dan sumber daya manusia aparatur.

Men PANRB yang didampingi para deputi juga akan meninjau sekaligus meresmikan Command Center yang berada di lantai III Setda Sumedang.  “Command Centre ini adalah bukti keseriusan Kabupaten Sumedang yang telah mencanangkan diri sebagai Happy Digital Region,” katannya. [drs]

 


Men PAN RB, e-Sakip, Inovasi, Sukajaya

Berita Terkait