SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES - Kaum milenial yang akan menjadi sasaran dalam upaya penganggulangan stunting pada Hari Gizi Nasional 2020 ini akan mendapatkan tablet tambah darah. Tablet tambah darah ini masuk dalam kategori upaya spesifik stunting. Selain itu, kalangan milenial juga akan mendapatkan edukasi tentang kesehatan dan gizi usia produktif. Hal ini masuk dalam ketegori upaya sensitive.

“Jadi kami melakukan upaya spesifik dan sensitif dalam penanganan stunting untuk milenial, keduanya harus berjalan beriringan layaknya ketika kita menangani stunting pada anak atau keluarga yang terkena kasus stunting,” kata Ahli Gizi Dinas Kesehatan Sumedang Nina Triana, Kamis (27/2/2020).

Menurut Nina, kedua upaya ini memang harus dilakukan secara bersama-sama. Meski demikian, upaya sensitif seharusnya lebih mempunyai porsi lebih dari spesifik karena akan berdampak banyak, meluas dan mendalam. Sedangkan upaya spesifik hanya akan menanggulangi pada saat itu.

Namun, lanjut Nina, dalam sebuah program memang diperlukan prioritas kegiatan, sehingga saat ini Kabupaten Sumedang memprioritaskan penanganan stunting dari hulu. Oleh karenanya, Dinas Kesehatan akan memberikan sosialisasi dan edukasi pola gizi sehat untuk usia produktif kepada kalangan milenial untuk mencegah stunting pada saat mereka mempunya keturunan.***(vrs)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)