SUMEDANGKAB.GO.ID, RANCAKALONG - Wisata Curug Pasirwangi adalah aset yang dimiiki Desa Sukamaju yang dikembangkan oleh Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa yang dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dengan menggunakan dana APBDes 2019.
Menurut Kepala Desa Sukamaju, Sutisna, sejak resmi dibuka pada April 2019 bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri lalu, spontanitas animo dan perhatian datang dari masyarakat setempat khususnya masyarakat Kecamatan Rancakalong dan khususnya masyarakat Sumedang, bahkan dikunjungi pula masyarakat dari luar daerah.
"Respon dan perhatian bukan saja datang dari kalangan warga untuk rekreasi, tetapi juga dari pemkab sumedang, khususnya Dinas Pariwisata, DPMD, Dinas kominfo dan lainnya," kata Sutisna.
Curug Pasirwangi memiliki keelokan suasana yang unik yaitu terbentuknya bebatuan yang tersusun rapih oleh alam disekeliling lokasi curug dan sekitarnya.
"Lebih jauh beliau mengatakan bahwa Curug Pasirwangi memiliki potensi untuk menjadi wahana wisata unggulan di Kabupaten Sumedang. Dan untuk menuju ke arah itu perlu penanganan lebih lanjut," tambahnya.
Masyarakat yang ingin merasakan suasana sejuk Curug Pasirwangi hanya perlu mengeluarkan budget sebesar Rp.3000/orangnya.(rtn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)