UJUNGJAYA - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meminta pemerintah desa maupun kecamatan untuk lebih menggelorakan kompetisi olahraga di kampung-kampung.  Hal ini untuk mencari bibit pemain potensial yang bisa mengharumkan nama daerah.

"Seperti kompetisi sepakbola antar desa se kecamatan, ini adalah wadah untuk mencari atlet potensial," ujarnya saat menghadiri penutupan kompetisi Sepakbola Antar Desa se Kecamatan Ujungjaya, di lapang Cikuleu Desa Sakurjaya, Selasa (5/11/2019) sore.

Selain untuk mencari atlet berbakat, menurut Dony, banyaknya kompetisi olahraga juga akan menumbuhkan smangat fair play dan sportifitas. Dikatakan, dalam olahraga tidak ada istilah menang dan kalah.  "Tidak ada yang menang atau yang kalah, yang ada semua peserta belajar. Dengan olahraga juga bisa merekatkan tali silaturahmi dan semangat persatuan," ujarnya.

Kegiatan olahraga tingkat desa atau kecamatan bisa dengan memberdayakan Karang Taruna setempat.  Bupati juga berjanji akan mendukung kegiatan olahraga antar kampung. Salah satu upayanya dengan memperbaiki sarana dan prasaran olahraga.  "Kamiakan benahi Lapang Cikuleu ini agar semakin baik, dan warganya semakin semangat," katanya.

Dengan banyaknya agenda olahraga dan didukung sarana prasarana olahraga yang baik, menurut Dony akan memotivasi masyarakat lebih giat berlatih, sehingga akan melahirkan atlet potensial.  "Bisa memperkuat Perses kedepannya, bahkan mudah-mudahan ditingkat nasional dan membawa nama baik daerah," ujarnya.

Kegiatan sepakbola antar desa di Ujungjaya sendiri baru kembali digelar setelah 14 tahun vakum. Dalam kesempatan itu Bupati beserta Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan ikut bermain sepakbola persahabatan antara tim Sumedang Simpati All Stars melawan Ujungjaya Hegar All Stars.  "Semoga setidaknya setiap tahun ada kompetisi semacam ini. Bukan hanya sepakbola saja, tapi olahraga lainnya juga," katanya. [agn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)