JATIGEDE - Libur panjang, tukang perahu yang mangkal di sejumlah pesisir Bendunagan Jatigede mengaku mengalami lonjakan penyewa. Kondisi serupa sama dengan liburan tahun lalu. Selain liburan Natal juga bersamaan dengan liburan sekolah.

Salah satu penarik perahu di pesisir Cilembu, Cipaku, Agus Sudrajat (27) menyebutkan, pada liburan ini penghasilan dari narik perahu mengalami peningkatan.  kenaikannya, berkisar Rp100-200 ribu.  “Ya lumayan setiap harinya ada yang sewa perahu. Tapi karena musim hujan dan permukaan airnya belum naik lagi paling juga sampai siang hari," ujar Agus, Selasa (24/12/2019).

Untuk menarik minat pengunjung agar naik perahu, kata Agus, dirinya tidak menaikan harga tiket atau sewa. Sehingga meski ada penumpang atau penyewa pendapatan tidak begitu tinggi. “Biasanya kan kalau ramai penumpang, kami suka naikin biaya. Tapi sekarang tidak, yang penting banyak yang mau naik saja," katanya.

Mereka berharap, karena liburan masih berlangsung, pengunjung bisa meningkat di akhir tahun. Sehingga para penarik perahu dan pedagang mampu meraup untung yang banyak. "Ya mungkin saja pas akhir atau awal tahun banyak yang main ke sini," katanya.(nsa)
.

(penerbit: sumedangkab.go.id)