POLRES - Sebanyak 1.500 personil disiagakan dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Gelar pasukan bersandi Operasi Lilin Lodaya 2019  digelar di Mapolres Sumedang, Kamis (19/12/2019).  "Gelar pasukan ini untuk mengetahui kesiapan para personil yang terlibat pengamanan dalam Operasi Lilin Lodaya 2019," ujar Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana.

1.500 personil tersebut terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Satpol PP, PMI, dan LSM.  "Operasi Lilin Lodaya 2019 digelar selama 10 hari, yakni mulai dari Senin 23 Desember hingga 1 Januari 2020," katanya.

Dikatakan, selain situasi kamtibmas, pihaknya mengantisipasi terjadinya bencana alam. Menurutnya, wilayah geografis Sumedang rawan terjadi bencana alam, seperti longsor, banjir, dan pohon tumbang.  "Kami sudah melakukan mapping wilayah rawan bencana, jadi kami siap menanggulanginya jika memang terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor," katanya. 

Usai  Gelar Pasukan juga digelar simulasi penanggulangan bencana alam oleh Satuan Dalmas Polres Sumedang. Lebih jauh, Ia juga berharap peran aktif masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif pada momen Natal dan pergantian tahun. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)