OTD Jatigede Budi Daya Sorgum


Baca juga : OTD Jatigede Budi Daya Sorgum
Supaya Ekonominya Bangkit, Pemdes Ranjeng Tata Akses Jalan ke Pemukiman Warga Asal Genangan Jatigede
Desa Wanajaya Surian Tanam Jeruk Limau


JATIGEDE - Kelompok tani (Koptan) Girimekar di Dusun Ciboboko, Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede melakukan budi daya tanaman sorgum. Hingga kini komoditas sorgum telah ditanam dilahan seluas 7 hektare lebih tanah kas desa.

Ketua kelompok tani Girimekar, Sihabudin menyebutkan, budidaya tanaman sorgum dimulai pada awal Desember 2019. "Awalnya ada program dari pemerintah daerah melalui dinas pertanian serta hasil seminar pertanian yang menjelaskan beberapa tanaman yang potensial. Akhirnya kami memilih untuk memilih menanam sorgum. Karena setelah dipelajari tanaman sorgum mudah ditanam dan banyak manfaatnya," ujar Sihabudin, Selasa (28/1/2020) di Mekarasih.

Menurutnya,  tanaman sorgum merupakan tanaman yang potensi mendatangkan penghasilan bagi petani. Batangnya bisa dijadikan sumber pakan ternak, buahnya bisa menjadi panganan pengganti nasi.  "Malah bisa juga menjadi bahan baku pembuatan kue. Selain itu bisa buat bahan baku makanan lainnya," katanya.

Budidaya tanam sorgum, katanya, sangat mudah dilakukan, karena tidak perlu perawatan yang lebih dan tidak terlalu banyak membutuhkan air yang banyak.Namun diusahakan untuk pupuk menggunakan pupuk non organik.  "Ditanam di halaman rumah pun bisa, perawatan sangat mudah," katanya.

Lebih lanjut Sihabudin menjelaskan, lama masa tanam hingga panen hanya membutuhkan sekitar tiga bulan. Jika awal tanam dilakukan awal Desember diperkiraan pada Maret pun sudah bisa dipetik hasilnya. Untuk pascapanen, pihaknya tidak akan memikirkan pemasaran. Karena hasil panen tanaman sorgum sudah ada yang siap menampung.  "Pemasaran sudah MoU dengan salah satu perusahaan bidang pengolahan sorgum. Jadi kami tak akan sulit memasarkan hasil panen," katanya.

Program budidaya sorgum juga samgat didukung pemerintahan desa sebagai pengembangan ekonomi warga terkena dampak Bendungan Jatigede yang bermukim di wilayah Ciboboko, Desa Mekarasih.  "Jika berhasil akan kita kembangkan hingga puluhan hektar. Kami akan menyediakan lahannya di milik tanah kas desa," ujar Kades Mekarasih, Cecep Suryana. (nsa)


Sorgum, OTD Jatigede, Koptan, Mekarasih

Berita Terkait