CIMAMGGUNG - Petani di Dusun Jambuaer, Desa Sindupang, Kecamatan Cimanggung melaksanakan panen tomat di perkebunan khusus palawija Desa Sindulang, Jumat (27/12). "Ini baru satu kelompok yang panen dari tujuh kelompok petani yang menanam tomat," ujar salah satu petani, Aceng Syarif.

Menurutnya panen tomat kali ini terbilang maksimal. Hasil panen cukup memuaskan karena kualitas tomat juga dalam kondisi baik. “Masa panen  dalam satu kali petik dengan luasan satu hektar menghasipkan kurang lebih tiga ton,” katanya.

Hasil panen tersebut, kata Aceng langsung dipasarkan ke Pasar Induk di Jakarta dengan kisaran harga jual dari petani Rp 4.500 per kilogram. Dari komoditas tomat, para petani di Sindulang menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

Desa Sindulang merupakan wilayah perkebinan potensial di wilayah Sumedang.  "Kami disini tak hanya menanam tomat tapi juga menanam cabe dan kol. Dari sektor perkebunan kami bisa membangun ekonomi," ujar Gaga Ketua Kelompok Tani Makmur, Desa Sindulang. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)