JATIGEDE - Sejumlah tempat wisata di Kecamatan Jatigede akan dikembangkan.  Camat Jatigede, Sahna mengatakan, dari sekian banyak tempat wisata di wilayah Jatigede, hanya beberapa saja yang selalu ramai pengunjung.  "Banyak potensi wisata di wilayah Kecamatan Jatigede setelah dibangunnya Bendungan Jatigede,” kata Sahna, Selasa (10/3/2020).

Diantaranya, lanjut dia,  wisata Panenjoan, wisata Tegaljarong, wisata Curug Emas, wisata Pantai  Cibunut, wisata Pasir Calung, Batu Agung, wisata Mangga Gedong gincu dan lainnya. “Namun, paling menonjol baru ada dua, yaitu Panenjoan dan Tegal Jarong," ujar Sahna.

Dikatakan, untuk mengembangkan tempat wisata tersebut Pemerintah Kecamatan Jatigede telah melakukan berbagai langkah. Diantaranya, menggandeng swasta melalui CSR dan pemerintah.  "Contohnya dari CSR PLN, wisata Tegaljarong sudah dua kali mendapatkan bantuan untuk penataan kurang lebih sebesar Rp 600 juta. Wisata Panenjoan dari Pemkab Sumedang dan anggaran desa untuk penataan," katanya.

Sahna menuturkan, saat ini kunjungan wisata ke wilayah Kecamatan Jatigede sudah meningkat. Terutama, ke wisata Panenjoan. Meningkatnya jumlah pengunjung, menurut camat karena selesainya jalan lingkar timur Jatigede.  "Bahkan gubernur saat kunjungan ke Panenjoan siap akan membantu pembangunannya. Akhir akhir ini pengunjung ke Panenjoan memang semakin meningkat. Apalagi setiap hari sabtu minggu di Panenjoan ditampilkan kesenian untuk menambah daya tarik wisatanya," katanya.

Sahna menjelaskan, peningkatan pengunjung sendiri sudah mulai berdampak dan dirasakan masyarakat. Seperti, penambahan lapangan kerja dan lapangan usaha.  "Peningkatan perekonomian masyarakat sudah mulai ada," kata camat.

Sahna pun berharap kawasan ekonomi khusus (KEK) Jatigede bisa terwujud. Sebab dengan terwujudnya KEK akan meningkatkan kesejahteraan warga.  (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)