SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Sekretaris IDI Cabang Sumedang dr. Rahmatullah Sidik mengatakan bahwa para dokter sudah sering berdiskusi sejak outbreak pertama di Wuhan, China. Perbincangan ini bukan hanya di tengah para dokter di Sumedang saja, melainkan para dokter di kota lain se-Indonesia.

“Sejak outbreak pertama di Wuhan karena corona, kami para dokter sudah banyak ngobrol, berdiskusi melalui grup chat dan media sosial. Perbincangan ini terjadi di semua grup chat para dokter, bukan hanya di Sumedang saja atau IDI saja,” kata dr. Sidik, Kamis (4/2/2020).

Dr. Sidiq juga menyebutkan bahwa IDI cabang DKI Jakarta bahka sudah lebih dahulu membahasnya mengingat Jakarta adalah gerbangnya Indonesia. Para dokter sudah khawatir virus ini menyebar di Indinesia.

“Bahkan DKI setahu saya sudah antisipasi lewat Dinkesnya untuk sosialisasi penyakit baru sejak Januari, karena Indonesia gerbangnya Jakarta,” kata dr. Sidik.

Menurut dr. Sidik, corona ini adakah infeksi virus yang baru. Secara karakteristik banyak yang belum diketahui. Namun sudah mulai intens dibahas dan aktif melihat perkembangan ilmu dan terapan pengobatan selama berlangsung wabah yang mulai menyebar.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)