DINAS PETERNAKAN -Peternak di Kabupaten Sumedang kembali bergairah pasca dibukanya kembali pasar hewan Tanjungsari di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Sebelumnya sejak wabah korona terjadi di Sumedang kebaradaan pasar hewan Tanjungsari ditutup karena khawatir akan penyebaran Covid 19.

Kabid Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Erwin mengatakan sudah sejak seminggu pasar hewan Tanjungsari beraktifitas kembali.  "Dari hasil monitoring kami ke pasar hewan Tanjungsari alhamdulilah pedagang sudah mulai beraktifitas kembali dan merekapun tampak gembira,” jelas Erwin Rabu (17/6/2020).

Dijelaskan Erwin di minggu minggu pertama kembali dibuka pasar hewan Tanjungsari tak kurang dari 70 ekor sapi dan sekitar 300 domba dan kambing diperjualbelikan.

Meskipun telah dibuka kembali dan masih dalam suasana penanggulangan covid, pihak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang tak lupa menerapkan protokol kesehatan. "Kami menyediakan tempat cuci tangan bagi pedagang dan pengunjung selain itu yang akan masuk juga di ukur suhu tubuhnya serta diwajibkan memakai masker," katanya.

Ditambahkan Erwin dengan dibukanya kembali pasar hewan ini diharapkan dapat tuirut membantu meningatkan perekonomian peternak karena selama pasar hewan tutup mereka kesulitan menjual hewan ternaknya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)