Patriot Desa Bantu Desa Berdayakan BUMDes


Baca juga : Patriot Desa Bantu Desa Berdayakan BUMDes
Pelaku BUMDes di Tanjungsari Dilatih Memasarkan Produk Secara Online


DARMARAJA -  Sebanyak empat  desa di Kabupaten Sumedang mendapatkan pendampingan dari Program Patriot Desa Provinsi Jawa Barat.  Empat desa tersebut antara lain, Desa Sukaratu (Darmaraja), Desa Pajagan (Cisitu), Desa Tanjungmulya (Tanjungkerta) dan Desa Padanaan (Paseh).

"Patriot desa ditujukan untuk menyukseskan program one village one company (OVOC). Satu desa didampingi oleh dua orang patriot desa," ujar salah seorang patriot desa yang bertugas melakukan pendampingan di Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Arika Tarda,S.IP, Minggu (1/3/2020).

Arika menggambarkan, OVOC adalah payung program yang bertujuan untuk memandirikan desa dengan optmailisasi sumber daya baik manusia dan alamnya melalui pemanfaatanya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). "Tugas akselerasinya, kami membantu BUMDesa untuk lebih berdaya dalam peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat," kata Arika.

Ia menyebutkan, Patriot desa akan bekerja selama 1 tahun dari mulai Januari 2020 hingga Desember 2020. Pada tahun ini, telah disebar 110 patriot desa. Dengan rincian 100 orang disebar di 50 desa di Jawa Barat dan 10 orang sebagai koordinator.

Program Patriot desa Jawa Barat merupakan bagian dari implementasi program Gubernur Jawa Barat. Salah satunya menciptakan OVOC untuk merintis Bumdes berbasis potensi desa. Dengan harapan mencapai peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya dan pengembangan partsipasi keswadayaan masyarakat. (nsa)


OVOC, BUMDes, Patriot Desa

Berita Terkait