KOTA - PDAM Tirta Medal berupaya menggenjot profit pada tahun ini. Rencana strategis  yang dilakukan PDAM antara lain akan membuka potensi penambahan  sambungan langganan (SL) di sejumlah wilayah.

Direktur PDAM Tirta Medal Sumedang H. Tatang Hidayat menyebutkan, saat ini terdapat 35.651 SL yang tersebar di 18 kecamatan di Sumedang.  “Guna penambahan SL, akan dilalukan ekpansi ke 9 kecamatan lainnya,” kata Tatang, JUmat (6/3/2020).

Langkah untuk menambah SL memang tidak mudah. Banyak hal yang harus disiapkan pihak PDAM seperti intalasi pipa, ketersediaan sumber air serta pembangunan sarana dan pra sarananya. "Namun kami targetkan adanya penambahan SL di wilayah kecamatan lainnya yang belum ada SL nya," ujar Tatang, Jumat (6/3/2020).

Menurutnya,  dalam upaya mendongkrak bertambahnya pelanggan, pada tahun ini akan dibangun sebanyak 24 titik  sumur dalam di wilayah sasaran. " Wilayah Ujungjaya, Tomo bisa potensi SL," kata dia.

Tatang menambahkan, peluang lainnya adalah memproduksi  air mineral dalam kemasan (AMDK). Saat ini produksi AMDK masih bersifat kerjasama dengan pihak lain. Tapi, kata dia bukan tidak mungkin, pada tahun ini bisa dikerjasamakan dengan menggaet investor dengan catatan tidak berbenturan dengan regulasi.  "Memungkinkan menarik investor jika regulasinya memungkinkan," ucapnya.

Tatang mwnggambarkan, saat ini PDAM Tirta Medal mampu menghasipkan profit dengan kisaran Rp 3,7 miliar per bulan. Diakuinya angka ini belum mampu memenuhi kebutuhan biaya operasional. "Tapi kami siap optimalkan agar kami mampu mendapatkan bagi PAD Kabupaten Sumedang dengan pegawai kami sejumlah 581 orang," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)