Pedagang Buah Marema, Tapi Tak Naikkan Harga Jual


Baca juga : Cibubuan Siapkan Wisata Taman Buah


SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Memasuki pekan terakhir puasa, pedagang buah-buahan mengaku adanya peningkatan penjualan dan membuat mereka bersukacita. Seperti salah seorang penjual buah-buahan di wilayah Wado, Itang Ruhdiat yang menyebutkan, buah-buahan yang banyak di cari oleh pembeli diantaranya, melon, timun suri dan alpukat.

"Pada awal puasa buah-buahan yang terjual masih biasa. Mulai masuk hari 10 terakhir baru ada peningkatan," ujar Itang, Senin (18/5/2020).

Menurut Itang, meski ada peningkatan pembeli, tapi harga jual buah-buahan tidak mengalami kenaikan. Pasalnya pada musim puasa penjual buah-buahan cukup banyak. Selain itu tidak dinaikannya harga agar pembeli tidak kapok.

"Biasanya pembeli kan suka tanya-tanya dulu ke pedagang lainnya. Dan kami pun tidak akan menaikan harga yang penting buah terjual cepat," katanya.

Kata Itang, saat ini buah-buahan yang terjual mencapai 100 kg lebih. Yang paling dicari adalah melon, timun suri dan alpukat. Tapi buah-buahan lainnya juga banyak diminati seperti buah naga, pepaya, jeruk dan  semangka.

"Kalau timun suri pada bulan puasa stoknya melimpah dan banyak dicari untuk membuat es buah atau sop buah," ucapnya.

Ia mengatakan stok buah-buahan sangat banyak. Karena disuplai, baik dari pasar induk maupun dari petani langsung. Meningkatnya penjualan buah membuat pedagang bertambah keuntungan ratusan ribu rupiah. ***(nsa)


buah

Berita Terkait