Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DPPKBP3A - Pelayanan KB untuk pria dengan metoda operasi pria (MOP) di Kabupatem Sumedang tahun 2023 ini kembali akan dilaksanakan. Sebelumnya program ini sempat tertunda selama hampir tiga tahun akibat pandemi Covid 19.

Kabid Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sumedang Dadan Mulyadan mengatakan sejauh ini sudah ada 5 calon peserta KB pria yang akan mengikuti MOP. "Untuk kepesertaan pria dalam.ber KB ini memang sulit, untuk tahun 2023 ini targetnya hanya 3 orang dan yang berminat ada 5 orang," jelas Dadan, Kamis (2/2/2023).

Menurutnya, dari 5 orang yang telah mendaftar ini nantinya akan mengikuti proses seleksi terkait kesehatan dan yang lainnya dan mereka yang dinyatakan lolos bisa mengikuti MOP. Keberhasilan adanya peserta pria dalam ber-KB juga tidak terlepas dari kehadiran kelompok paguyuban KB pria yang selama ini memang aktif mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat. "Mereka berupaya untuk meningkatkan pengetahuan PUS pria untuk mau terlibat dalam kegiatan kontrasepsi," jelasnya.
Dan saat ini lanjut Dadan sudah saatnya ada keseteraan gender dalam pelayanan KB dimana KB bukan hanya dilakukan oleh kaum ibu, tetapi kaum bapa juga bisa terlibat untuk ikut ber KB. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)