SUKASARI - Sekretaris Daerah Sumedang Herman Suryatman meminta masyarakat tidak perlu kawatir dengan adanya korban covid-19 yang dimakamkan di area bumi perkemahan Kiara Payung Kecamatan Sukasari. Sekda menegaskan pemakaman korban covid-19 sudah sesuai prosedur dan protokol kesehatan.  "Pemakaman sudah sesuai protokol kesehatan. Kedalaman makam, peti jenazah, dan dilakukan oleh orang yang berkompeten. Jadi tidak mungkin pemakaman tersebut menyebarkan virus corona," ujar Herman, Rabu (1/4/2020).

Dikatakan, lahan yang digunakan tempat pemakaman korban covid-19 merupakan tanah milik pemerintah provinsi.  "Lokasi makam sangat sangat jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga kami jamin aman, tidak akan ada penyebaran covid-19 akibat pemakaman,'' katanya.

Menurutnya,  melalui video conference, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan tidak boleh ada kota/kabupaten yang menolak pemakaman korban covid-19.  "Bupati juga sudah memberikan izin, dengan pertimbangan kemanusiaan dan kedaruratan. Dan dengan syarat protokol kesehatan ditempuh. Dan kami mohon maaf kepada masyarakat sebelumnya tidak melakukan edukasi dan sosialisasi," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)