Pembangunan Kesehatan Alami Empat Tantangan


Baca juga : Pembangunan Kesehatan Alami Empat Tantangan
Dua Tugas Yang Sama Beratnya Bagi Dinkes


SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES -  Pembangunan kesehatan Indonesia termasuk di Sumedang mengalami empat tantangan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman dalam rangka sosialisasi penanggulangan dan pencegahan Penyakit Tidak Menular.

“Ada empat tantangan pembangunan kesehatan di negara kita ini dan Sumedang pun juga sama tantangannya dengan kondisi nasional,” kata Dadang, Kamis (31/10/2019).

Tantangan pertama ada transisi epidemiologi yaitu penyakit menular masih menjadi massalah dan Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin meningkat. Kedua, proporsi usia produktif dan lanjut usia semakin meningkat yang merupakan  usia yang rentah terhadap PTM.

Tantangan ke tiga adalah transisi gizi yaitu bukan hanya masalah gizi buruk, kurang, kurus dan penddek, tapi juga gizi lebih, kegemukan dan obesitas pada anak, remaja dan dewasa. Ke empat yaitu masal bergerak dan kurang olahraga, konsumsi serat rendah serta tinggi gula, garam dan lemak, merokok, minum alkohol dan stress tinggi.

Keempat tantangan ini diselesaikan dengan cara menyosialisasikan hidup sehat dan makan makanan bergizi seimbang serta cek kesehatan secara rutin.***(vrs)

 

Editor: Deddi Rustandi

 

 


kesehatan, PTM

Berita Terkait