KPP - Bupati H Dony Ahmad Munir mengatakan pembangunan masjid Al Kamil di kawasan pusat pemerintahan (KPP) Kabupaten Sumedang untuk tahap pertama telah tuntas. Hal tersebut dikatakan Bupati saat meninjau progres pembangunan masjid Al Kamil, Sabtu (30/1/2021). "Alhamdulilah untuk pembangunan tahap pertama Masjid Al-Kamil sudah tuntas dan segera berlanjut ke tahap kedua," jelas Bupati.

Dijelaskan Bupati untuk pembangunan tahap pertama meliputi bangunan utama, basement, lantai satu dan lantai dua. Sedangkan pengerjaan di tahap kedua meliputi pembangunan menara, termasuk kolam yang mengelilingi masjid. Keberadaan Masjid Al-Kamil hendaknya tidak hanya untuk beribadah ritual saja, tetapi untuk kegiatan keagamaan umat. "Dan rencananya Selasa tanggal 2 Februari 2021 saya akan melaksanakan ibadah Salat Zuhur beserta para ASN di Lingkup KPP Kabupaten Sumedang," katanya.

Dengan didampingi Kadis Perkim dan juga Kabag Sosial dan Kabag Umum dalam peninjauan tersebut Bupati mengunjungi setiap ruangan yang ada di Mesjid Al-Kamil, termasuk fasilitas kamar mandinya. Di masjid Al Kamil sendiri ada semua toilet, baik untuk laki-laki maupun perempuan, dilengkapi dengan 5 kloset duduk dan 1 kloset kaca untuk difabel, sedangkan tempat wudhu semuanya berjumlah 34. 

Disediakan juga ruangan untuk ibu menyusui dan ibu hamil. Untuk memantau keamanan, sebanyak 8 unit CCTV dipasang. Dalam kesempatan tersebit Bupatipun meminta kepada Kadis Perkim untuk dibuatkan denah mesjid, lokasi masjid. "Kemudian tambah lagi fasilitas untuk para difabel karena itu sangat penting serta sekat untuk kamar mandi lelaki dan wanita berikut petunjuk arah ke tempat wudhu dan siapkan monitor yang besar untuk CCTV," katanya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)