TOMOKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID, T o m o - Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat adalah merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sebagai peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Linmas, pada hari Senin (23/11/2020) bertempat di Aula Desa Cipeles Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Pelaksana Tugas (Plt.) Camat Tomo, Yoyoh Maryanah Siti Syadiah, Danramil Tomo, Perwakilan dari Polsek Tomo, Kasi Trantibum Kecamatan Tomo dan para peserta yang merupakan anggota Satlinmas dari tiap Desa se-Kecamatan Tomo.

 "Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Tomo mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota linmas atas kehadirannya dalam acara Pembinaan Linmas. Terkait dengan Linmas ada beberapa unsur diantaranya yakni anggota linmas yang dipersiapkan dan dibekali lengkap dengan pengetahuan serta keterampilan. Anggota linmas harus betul-betul memahami tugas dan fungsinya. Seorang anggota linmas juga harus bisa mengetahui bagaimana jika terjadi bencana dan resikonya. Anggota linmas juga harus bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat” ucap Plt. Camat Tomo, Yoyoh Maryanah S.

Yoyoh juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinginya kepada para anggota Linmas yang menjadi salah satu garda terdepan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. “Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para anggota Linmas yang menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Tomo. Semoga usaha kita semua tidak sia-sia dan pandemi ini segera berakhir”ujarnya.

Kasi Trantibum Kecamatan Tomo, Aziz Sjaefudin juga mengatakan, “ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini. Diantaranya adalah meningkatkan kompetensi dan kapasitas para anggota Linmas se-Kecamatan Tomo serta sebagai salah satu persiapan dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa serentak khususnya di wilayah Kecamatan Tomo”ujarnya.

Adapun narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Dadi Kusnadi, yang merupakan Kepala Bidang Linmas pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang dan Aban Sobarna yang merupakan Kepala Seksi Pelatihan dan Mobilisasi. (Asep Komarudin/ Agus Ridwan H)

(penerbit: sumedangkab.go.id)