Pembinaan Satlak Penanggulangan Bencana Tingkat Kecamatan Tomo


Baca juga : Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa di Kecamatan Tomo


TOMOKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID, T O M O – Rabu, (19/08/2020) bertempat di Aula Desa Cipeles Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang telah dilaksanakan Kegiatan Pembinaan Satlak Penanggulangan Bencana Tingkat Kecamatan Tomo. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 orang peserta.

Camat Tomo 'Asep Atang Junaedi' dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai manusia yang dikaruniai akal, memandang bencana alam merupakan paket yang tidak dapat kita hindari dari kenyataan tersebut, sehingga yang perlu kita sikapi adalah bagaimana kita memprediksi bencana, bagaimana mengantisipasi bila terjadi dan bagaimana melakukan pemulihan kalau bencana sudah terjadi. Untuk itu, kita perlu mengenal apa yang termasuk dalam ruang lingkup bencana, bagaimana mengelola bencana dan bagaimana melakukan tindakan-tindakan praktis berkaitan dengan bencana. Permasalahan-permasalahan tersebut menjadi bahasan manajemen bencana. Dengan mempelajari manajemen bencana, bila ada bencana dapat ditangani dengan segera dan terkoordinir dengan baik.

Camat Tomo juga menyinggung tentang bagaimana kondisi wilayah Kecamatan Tomo yang apabila di musim penghujan di beberapa desa selalu dilanda banjir dan di musim kemarau di beberapa titik hutan selalu mengalami kebakaran.

“Saya berpesan kepada semua lapisan masyarakat agar terus menjaga lingkungannya. Tetap rawat lingkungannya. Karena bencana terkadang susah diprediksi kapan akan datang. Apalagi di wilayah kita itu sangat minim sarana penanggulangan bencana”ujarnya. (Asep Komarudin/ Agus RH)


#sumedangsimpati #bersamamembangunsumedang

Berita Terkait