Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

REGOL WETAN - Bupati Sumedang Dony Ahmad mendatangi korban kebakaran rumah di Lingkungan Empang RT 04 RW 06 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Sabtu siang, 8 April 2023. Rumah milik pasangan suami istri, Mamat (75) dan Imik i(70) tu, ludes terbakar pada Sabtu pagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dony memberikan bantuan bekal hidup dan santunan untuk keduanya.
"Tentunya saya merasa prihatin dengan peristiwa kebakaran ini, dan Pemda akan membantu membangun kembali rumahnya, dengan bergotong royong bersama masyarakat setempat, RT, RW, lurah, camat semuanya gotong royong," kata bupati.

Sambil menunggu rumahnya kembali dibangun dan bisa dihuni, kini untuk sementara keduanya tinggal di Gedung Negara.
"Saya minta sebelum lebaran harus sudah dihuni kembali," katanya.

Bupati mengatakan, dirinya merasa prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi pada warganya tersebut. Apalagi, ini adalah bulan suci Ramadan, dan menjelang lebaran.

"Menjelang lebaran ini harusnya kita semua berbahagia, bersuka cita. Namun terjadi musibah kebakaran dan jadi keprihatinan bersama," katanya.

Lebih jauhnya, Bupati Dony mengapresiasi masyarakat sekitar yang guyub, bergotong royong membantu korban kebakaran.
"Dibantu beberapa dinas dari pemda Sumedang. Tadi sudah kami bicarakan, sebelum lebaran rumahnya harus sudah selesai," katanya.

Atas kejadian ini, Bupati Dony menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati lagi demi mencegah kebakaran, dengan tidak membakar sampah dimana saja disembarang tempat.

"Pastikan kalau keluar rumah kompor tidak menyala, setrikaan tidak menyala, dan mencegah hal-hal lainnya sehingga kebakaran tidak terjadi. Meningkatkan kewaspadaan di tengah-tengah bulan suci Ramadan menjelang lebaran ini," tuturnya.

Lebih dari itu, bupati mengajak masyarakat terus berdoa kepada Allah SWT, agar dijauhkan dari musibah dan bencana, serta dari wabah.
"Karena Allah yang mengatur segala sesuatunya, yang mengatur jagat raya ini. Jadi mari ikhtiar batin dan ikhtiar lahir untuk keselamatan kita bersama," kata bupati. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)