GAJAH AGUNG - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang Gelar Pelatihan Pembuatan Peta Segala Bidang (berbasis GIS) Geographic Information System, bertempat di Aula Tampomas Setda Sumedang. Senin. (27/09/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sumedang, Narasumber dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan di ikuti oleh para Kepala SKPD, CPNS, CPNS IT/Pranata Komputer.

GIS (Geographic Information System) merupakan sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Dan memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, menyampaikan kondisi Sumedang saat ini belum mempunyai peta Sumedang dan belum terintegrasi data spasialnya. Data satu SKPD juga belum dapat dimanfaatkan SKPD lainnya. Saya berharap melalui pelatihan ini dapat memberikan kemudahan dan kepastian hukum dalam berinvestasi, kemudahan dalam perizinan, dan memiliki rencana zonasi yang selaras dengan rencana pembangunan nasional. 

Para perserta agar dapat mengikuti dan membuat estimasi untuk PAD kedepannya, serta memetakan sampai ke level desa dan dimanfaatkan untuk pembangunan di Sumedang. “Ungkap Bupati. (diskominfosanditik) 

(penerbit: sumedangkab.go.id)