DPRD - Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra, meminta pemerintah desa bisa mempertahankan budaya gotong royong dan silih asah, silih asuh, silih
asih. Perilaku warga desa akan gotong royong harus menjadi percontohan bagi masyarakat perkotaan.

Irwansyah mengatakan,  salah satu bentuk gotong royong warga seperti agenda Jumat Bersih, saling membantu memperbaiki rutilahu dan kegiatan lainnya yang bersipat sosial. "Melestarikan kearifan lokal adalah keharusan semua unsur masyatakat. Dengan memelihar kearifan lokal menunjukan masih lekatnya budaya gotong royong di desa," katanya.

Menurutnya kemajuan desa dalam bidang apa pun tidak bisa dilakukan hanya mengandalkan seorang kepala desa, melainkan harus didukung oleh semua pihak. Dengan terciptanya sinergitas antara pihak pemerintah desa dengan warga, sudah bisa dipastikan semangat gotong royong akan tetap terjaga dengan baik. "Saya melihat  kegotongroyongan di masyarakat desa masih melekat. Ini adalah modal awal pembangunan di desa," katanya.

Desa harus jadi kekuatan ekonomi, terangnya, pembangunan negara akan maju jika desa-desanya maju. Membangun desa, kata Irwansyah, tak sekadar mendirikan
infrastruktur seperti bangunan atau akses jalan saja, namun juga harus membangun seluruh aspek kehidupan. “Bila pembangunan di desa kuat, maka negara pun akan kuat," ujarnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)