SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – UMKM termasuk sektor usaha yang perlu diselamatkan dari dampak wabah virus korona. Selain penghapusan pajak selama 6 bulan, pemerintah juga mendorong peningkatan daya beli atas produk UMKM. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan pemerintah menyiapkan program stimulus daya beli UMKM. Dengan begitu, pemrintaan akan tetap terjaga.

Selain itu Teten juga menyebutkan program integrasi pelaksanaan bantuan sosial berupa kartu sembako murah dengan pelibatan warung-warung tradisional.

"Saya kira program yang sudah disetujui bagaimana belanja kementerian dan lembaga terhadap produk UMKM sudah diinstruksikan Presiden, jadi secara sederhana kita ingin meberikan stimulus bagi UMKM yang masih bisa bertahan, bahkan masih bisa berjualan sesuai permintaan market terutama di sektor kuliner, konveksi, pelaku usaha kecil menengah banting stir produksi apd," ujar Teten.

Sementara untuk UMKM yang  yang tidak bisa bisnis, Teten menyebutkan soal bantuan sosial.

Teten juga menyebut soal penerbitan katalog produk UMKM untuk alat pelindung kesehatan. Teten menyebutkan UMKM yang masih bisa bertahan salah satunya adalah yang memproduksi alat kesehatan.

"Jadi ini yang kami ingin bantu mulai dari pembiayaan, pendampingan, bagaiman mereka siap memproduksi, lalu juga bagaimana mereka bisa mendapatkan bahan, dan terakr kita bantu pemasarannya, jadi kita coba juga," tambah Teten.

Teten berharap ke depan pengadaan-pengadaan di pemerintah dan BUMN termasuk program-program donasi di masyarakat memanfaatkan produk UKM.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)