Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

SURIAN - Pemda Kabupaten Sumedang mengajukan anggaran untuk perbaikan ruas Jalan Cisumur-Nanggerang Batas Subang di Blok Haurpapak, Desa/Kecamatan Surian ke Pemprov Jawa Barat. Jalan akses menuju ibukota Kecamatan Surian ini kembali ambles di Haurpapak.  Kondisi tanah di Blok Haurpapak ini tinggi pergeseran tanahnya sehingga terus bergerak merusak jalan. "Kami akan mengajukan anggaran ke Pemprov Jabar dan diharapkan dianggarkan di perubahan APBD 2024 ini,” kata Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau kondisi jalan di blok Haurapapak, Jumat (12/7/2024).

Tahun 2023 dialokasikan anggaran Rp 1,5 miliar dari APBD Sumedang untuk perbaikan dilakukan cara membuat konstruksi untuk penanganan longsor. Jalan yang kerap longsor tersebut menjadi rata, padat, dan lebih lebar. Namun karena tingginya pergerakan tanah membuat jalan ini kembali rusak, rabat beton rusak.

Jalan di Blok Haurpapak ini merupakan jalan relokasi karena jalan sebelumnya di bagian atas tergerus longsor. Jalan dipindahkan namun karena merupakan kawasan rawan pergerakan tanah, jalan yang baru ini kembali rusak.

Pj Bupati Yudia mengatakan, karena kondisi pergerakan tanah yang tinggi di Blok Haurpapak ini maka penanganannya khusus. “Kawasan rawan longsor karena pergerakan tanah maka perlu treatment khusus, kontur tanahnya labil dan berpasir," katanya. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)