SUMEDANGKAB.GO.ID, DISKOMINFOSANDITIK - Para pelajar yang melaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) disarankan memaksimalkan wifi gratis yang disediakan oleh Pemkab Sumedang melalui Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang.

 Pelayanan wifi gratis sudah tersebar di 26 kecamatan sehingga bisa terjangkau hingga wilayah pedesaan.

"Buat pelajar yang minim kuota bisa memanfaatkan wifi gratis di sejumlah tempat di wilayah masing-masing untuk belajar. Asal tetap mematuhi prokes. Jangan berkerumun dan tetap memakai masker. Ketika sudah selesai belajar ya harus pulang ke rumah masing-masing," ujar Sekretaris Diskominfosanditik, Kemal Idris, Minggu (17/1/2021).

Kemal menyebutkan, kini daerah paling luar di Sumedang sekalipun sudah punya akses wifi gratis. Ia menggambarkan, Diskominfosanditik sudah memasang wifi gratis di Kecamatan Surian dan Cibugel. Perluasan titik pemasangan wifi gratis ini untuk mendukung literasi digital di Kabupaten Sumedang.

“Diskominfosanditik menargetkan melakukan pemasangan 50 titik wifi gratis pada tahun 2020 ini yang akan dipasang di berbagai daerah seperti tempat titik kumpul masyarakat, layanan publik serta tempat tempat ekonomi kreatif akan menjadi prioritas kita dalam hal pemasangan wifi gratis," katanya.

Kata dia, saat ini pelayanan wifi gratis tak hanya bisa diakses di tempat strategis. Seperti kantor desa, pesantren, layanan kesehatan, sekolah dan kampus. Tapi dinikmati oleh warga di wilayah dusun. Oleh karenanya, saat pelajar melaksanakan pembelajaran daring pelayanan wifi gratis akan sangat membantu.

Sebelumnya Pemkab Sumedang juga telah melakukan pemasangan wifi gratis di 120 titik.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)