SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Pemkab Sumedang menyiapkan 10 Tempat Pemotongan Hewan (TPH) berkualitas yang tersebar di seluruh wilayah di Sumedang. Seluruh TPH selalu dibina agar dapat menyembelih hewan dengan baikd an menghasilkan daging yang sehat, berkualitas dan layak jual.
Kepala UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Emia Apriliandi Hartini mengatakan ke 10 TPH ini tersebar di wilayah Cimalaka dan juga Sumedang Kota.
"Saat ini ada 10 TPH yang rutin melakukan pemotongan hewan sapi dan itu kami bina teus sehingga kualitas daging yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi," jelas Emia, Minggu (21/6/2020).
Dijelaskan dia, untuk memenuhi kebutuhan pasar rata rata 1 TPH memotong satu ekor sapi, kecuali untuk hari-hari tertentu seperti jelang lebaran karena permintaan meningkat 1 TPH bisa memotong lebih dari 1 ekor sapi.
Ditambahkan Emia, untuk jenis sapi yang dipotong selain sapi lokal yang dipelihara oleh petani di Sumedang juga pasokan dari luar daerah terutama sapi sapi dari daerah Jawa.
"Sebagian besar sapi yang dikonsumsi memang berasal dari pasokan luar daerah karena kalau mengandalkan ternak lokal tidak akan terpenuhi," terang Emilia.
Lebih lanjut dikatakan dia, untuk harga daging sapi di pasaran memang relatif stabil di kisaran Rp 120 rb per kg kecuali untuk jelang puasa ataupun lebaran karena permintaan meningkat harganya juga suka ikut naik hingga Rp 130 ribuan.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)