Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

LAPAS - Pemkab Sumedang berencana menyiapkan lahan untuk relokasi Lapas Sumedang, sehubungan dengan lokasi lapas yang sekarang sudah tidak memadai lagi dan overloud setiap tahunnya.

Sebagaimana dikatakan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan saat hadir dalam acara pemberian remisi kepada napi dan anak napi dalam peringatan HUT RI ke 78 Kamis 17 Agustus 2023. "Pemkab Sumedang akan menyiapkan lahan seluas kurang lebih 2 ha di Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan untuk relokasi lapas," terang Erwan.

Dijelaskan Erwan, disana ada tanah negara dengan status HGU dan nanti bisa diajukan ke Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) untuk diproses guna dipakai untuk relokasi Lapas Sumedang.

Diakui Erwan, pihaknya juga turut prihatin dengan kondisi Lapas Sumedang saat ini yang overloud dan tidak mungkin lagi untuk pengembangan karena luas lahan yang terbatas.

Sementara itu kepala Lapas Sumedang Imam Sapto Riadi mengatakan kalau Lapas Sumedang saat ini dihuni 329 orang napi dan tahanan.

"Idealnya dengan kamar yang ada saat ini Lapas Dumedang hanya mampu menampung sekitar 100 orang saja dengan perhitungan 1 kamar diisi oleh 5 orang, namum sekarang karena overloud 1 kamar bisa diisi hingga 15 orang," jelas Imam.

Imampun khawatir dengan banyaknya penghuni dalam 1 kamar nantinya akan terjadi gesekan diantara napi hingga menyebabkan pembinaan kurang maksimal. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)