Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

SETDA - Sumedang dalam waktu dekat ini segera memiliki laboratorium yang akan digunakan untuk penelitian tembakau menyusul rencana Pemkab Sumedang untuk membangun laboratorium tersebut.

Plt Asda Ekonomi dan Pembangunan Setda Sumedang Mulyani Toyyibah mengatakan laboratorium tersebut akan di bangun di Desa Haurgombong Kecamatan Pamulihan tepatnya di lahan bekas eks Badan Riset dan Inovasi Naaional (BRIN).

"Ya dalam waktu yang tidak lama ini Sumedang akan memiliki laboratorium yang akan digunakan untuk penelitian tembakau," jelas Mulyani Toyyibah, Kamis, 23 Juli 2024.

Menurut Mulyani, dengan kehadiran laboratorium ini diharapkan dapat lebih memberikan manfaat untuk pengembangan tembakau di Kabupaten Sumedang. Selain itu, keberadaan laboratoroum ini juga diharapkan akan lebih banyak menghasikan jenis tembakau yang disertifikasi dimana saat ini Sumedang baru memiliki 2 jenis tembakau yang telah terdaftar dalam sertifikasi Indikasi Geografis (IG) yaitu jenis tembakau mole dan tembakau hitam.

Lebih lanjut dikatakan Mulyani tembakau ini penting untuk terus dikembangkan karena keberadaan tembakau saat ini dirasakan manfaatnya oleh pemerintah daerah, utamanya dalam mendapatkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang bermanfaatnya untuk pengembangan daerah Sumedang. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)