Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang  menerima kunjungan silaturahmi Rukun Wargi Sumedang (RWS) Cabang Sumedang di Gedung Negara, Kamis (28/9/2023).  Rombongan dipimpin Ketua RWS Sumedang  Supriatna Avip diterima langsung  Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman didampingi Plh Sekda  Tuti Ruswati dan Kadisparbudpora Nandang Suparman di Gedung Negara, Kamis, (28/9/2023).

Dalam silaturahmi tersebut Pemda Kabupaten Sumedang dan RWS berkomitmen  membangun Sumedang agar jauh lebih baik dengan spirit Sumedang Beyond Simpati. "Pertama, kami bangun Sumedang dengan spirit Sumedang Beyond Simpati , menguatkan Sumedang Simpati, melanjutkan Sumedang Simpati, dan mengkolaborasikan Sumedang Simpati," kata Pj. Bupati Herman.

Kedua, lanjut Herman, pihaknya sepakat untuk mendorong kolaborasi antara RWS, YPS dan YNWPS supaya saling menguatkan dalam kemajuan di bidang kebudayaan Sumedang. Berikutnya, pihak Pemda Kabupaten Sumedang juga akan berupaya mendorong pelaksanaan Seminar Kebudayaan dan Musyawarah Kerja Cabang RWS yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. "Melalui seminar dan Muskercab ini harapannya keberadaan SPBS ini bisa lebih optimal pelaksanaannya. Kami akan edukasi dan sosialisasikan Sehingga Sumedang napak dina budaya," jelasnya.

Pj Bupati Herman juga menjelaskan soal dinamika yang terjadi di media sosial mengenai sebutan gelar pangeran. Ia mengklarifikasi bahwa hal itu hanyalah masalah miskomunikasi saja , penyebutan pangeran tersebut memiliki makna konotatif atau kiasan yang artinya siapapun orang Sumedang hari ini ke depan harus meneladani kepemimpinan pangeran Sumedang. "Maknanya kiasan, tujuannya agar kita bisa meneladani  Pangeran Sugih, Pangeran Kornel, Pangeran Mekah agar kita bisa berkiprah membangun Sumedang yang lebih baik," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)