Pemkab Terima Kunjungan Kementerian ATR BPN


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan
Giliran Kecamatan Cimanggung, Lagi-lagi PT Kahatex Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana


SUMEDANGKAB.GO.ID.,CIMANGGUNG - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Surya Tjandra  yang hadir bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Anang Muchlis untuk meninjau langsung bencana tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Rabu sore (19/01/21). Kunjungan diawali dengan melihat ke lokasi bencana dilanjutkan ke Posko Tanggap Bencana yang berlokasi di SMAN Cimanggung.

Sekda Herman Suryatman melaporkan, operasi pencarian dan pertolongan telah selesai dengan berhasil ditemukannya semua korban dan semuanya sudah teridentifikasi. Tim SAR pun sudah kembali ke kantor Basarnas Jawa Barat.

"Senin pukul 21.35 semua korban meninggal telah ditemukan. Jadi 40 meninggal dunia, 3 luka berat, dan 22 luka ringan. Alhamdulillah 40 jenazah sudah bisa ditemukan dan diindetifikasi oleh Tim DVI Polri serta sudah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan," ucapnya.

Langkah selanjutnya, kata sekda, difokuskan pada penanganan pengungsi dan relokasi kemudian pada rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Kami fokus untuk penanganan pengungsi dan terus update data terakhir dari 3 Zona Pengungsian. Pertama Zona Cipareuag untuk warga seputar yang longsor Bojongkondang, Kedua Zona SBG untuk warga yang terancam longsor dan yang Ketiga Zona Madrasah Az-Zahra yang terkena banjir," ungkapnya.

Ia juga menerangkan, total pengungsi sekarang sekitar 314 KK atau 1.126 jiwa dan dapat dilihat perkembangannya melalui aplikasi Sitabah (Sistem Informasi Tanggap Bencana dan Musibah) secara by name by address di aplikasi yang hanya dibuat dalam dua hari ini. Aplikasi ini menjadi media efektif warga untuk mengakses informasi kebencanaan, termasuk datanya bisa dimanfaatkan untuk menajemen kebencanaan.***(agn)


longsor, cimanggung

Berita Terkait