Pemuda Cigembong Dirikan PKBM


Baca juga : Pemuda Cigembong Dirikan PKBM


CIKONDANG - Para pemuda Dusun Cigembong, Desa Cikondang, Kecamatan Ganeas membuat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan diberi nama PKBM Cigembong.  Pemrakarsa, sekaligus Ketua PKBM Cigembong, Ripin Kustian mengatakan PKBM Cigembong sudah ada sejak 2016. “Pembuatan PKBM ini berawal dari rasa prihatinnya terhadap kondisi pendidikan warga Kecamatan Ganeas," kata Ripin, Senin (2/3/2020).

Sepengetahuannya, kepedulian warga Kecamatan Ganeas terhadap pendidikan masih kurang. Hal tersebut melihat banyaknya pemuda yang putus sekolah, terutama dari jenjang SMP ke SMA.  "Kami merasa perlu membuat sebuah gerakan, dan membentuk fasilitas lembaga untuk mereka bisa sekolah non formal," katanya.

Kata Ripin, para pemuda di Kecamatan Ganeas banyak yang putus sekolah karena lebih memilih bekerja. "Sudah empat tahun kami bahu membahu dengan masyarakat dan pemerintahan desa. Respon masyarakat juga luar biasa," ujarnya.

Saat ini, kata Ripin, ada 162 siswa yang belajar di PKBM Cigembong, dari sejumlah desa di Ganeas dan Sumedang Selatan. Adapun untuk tenaga pengajar pihaknya merekrut warga setempat yang mengajar di sekolah-sekolah. (agn)


PKBM, Cigembong

Berita Terkait