WADO - Memanfaatkan bahan baku kayu dari wilayah desanya, pemuda Desa Ganjaresik, Kecamatan Wado memproduksi mebeler. "Kami memberdayakan pemuda untuk produktif. Di Ganjaresik banyak bahan baku kayu yang bisa jadi bahan baku berbagai produk mebel," ujar tokoh masyarakat yang juga pelaku UMKM, Desa Ganjaresik, Asep Sukmara, Selasa (5/11/2019).

Dia mengatakan, produksi mebeler untuk pemberdayaan pemuda desa itu,  mampu merekrut puluhan pemuda untuk bekerja. Produk yang dikerjakan diantaranya, bangku dan kursi untuk sekolah, lembaga atau intansi maupun individu. “Dengan diberdayakannya pemuda, ternyata bisa mengurangi pemuda yang nganggur dan mencegah urbanisasi. Karena pada dasarnya pemuda itu betah di kampung apalagi ada pekerjaan," katanya.

Keberlangsungan pemberdayaan pemuda di Desa Ganjaresik sangat membantu masyatakat Ganjaresik dalam memperbaiki tingkat ekonomi pemuda. "Sekarang yang mulai mencari bahan baku, mendesain dan mengerjakan pembuatan produk semuanya hasil kerja pemuda," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)