Pemuda Karang Taruna Tanam Jagung di Lahan Milik Desa


Baca juga : Pemuda Karang Taruna Tanam Jagung di Lahan Milik Desa


JATINUNGGAL - Karang Taruna Dusun Cikukulu, Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal menanam palawija jagung di lahan milik desa. Upaya ini, selain untuk pemberdayaan pemuda yang tidak bekerja dikota juga pemanfaatan lahan kas desa agar bisa produktif.

"Kebetulan kalau disini pihak pemerintah desa memberikan jatah lahan garapan pada karang taruna untuk dimanfaatkan. Makanya kami karang taruna berupaya memanfaatkan lahan agar bisa menghasilkan," ujar Ketua Karang Taruna Dusun Cikukulu Asep Hermansyah, Kamis (12/12).

Menurut Asep, kegiatan bercocok tanam sudah lama dilakukan pemuda di Cikukulu dari sejak dulu. Ditambah, beberapa tahun lalu, setiap karang taruna dusun diberikan jatah lahan oleh pemerintah desa untuk digarap. "Jadi kita bisa menggarap lahan kas desa untuk kebutuhan kami-kami pemuda," kata Asep.

Menurutnya, selama ini karang taruna Dusun Cikukulu bisa menggarap lahan hingga luas 1 hektare. Dari luas itu setiap tahunnya ditanam palawija. Seperti jagung, singkong, pisang dan lainnya. "Lumayan penghasilannya pun bisa kita nikmati sama-sama," ucapnya. (nsa)


Karang Taruna, Tanah Desa

Berita Terkait