UJUNGJAYA - Hari pertama pemberlakukan PSSB tahap II Rabu (6/5/2020) Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir melaksanakan monitoring posko cek poin C perbatasan wilayah Cibuluh,  Kecamatan Ujungjaya.

Dijelaskan Bupati Dony pada pemberlakuan PSBB tahap II, penjagaan pintu masuk diperbatasan harus lebih diperketat lagi.  Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghalau lonjakan para pemudik yang melakukan perjalanan masuk dan keluar Sumedang. "PSBB ini berhasil kalau bisa menghalau pemudik. Strategi menghalau pemudik dengan PSBB berarti harus ketat. Perbanyak penjagaan, jaga pemudik jangan sampai masuk dan hadirkan petugas ada di jalan," katanya.

Ditambahkannya solusi tidak mudik atau menunda mudik lebaran menjadi solusi terbaik yang saat ini bisa diambil guna mencegah penyebaran virus korona. "Imbauan ini demi kebaikan bersama, pasalnya  pemudik yang datang dari daerah terjangkit berisiko melakukan penularan di kampung halamannya," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, kalaupun sudah ada warga yang sudah terlanjur mudik, pihaknya sudah menyiapkan ruangan isolasi.   Dikatakannya, para pemudik dari luar daerah akan dipantau dan diisolasi selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). “Kami terus melakukan pemantauan cek poin untuk memastikan PSBB tahap II berjalan. Secara umum sudah bagus. Namun ada catatan, belum seluruh pelanggaran yang terjadi diberikan teguran dan surat pelanggaran tertulis,” katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)