SUMEDANG - Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan hadir menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Terbuka (UT) melalui Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), Pada, Rabu (18/05/2022). Bertempat di Ruang Rapat Kareumbi Setda Kabupaten Sumedang. Jawa Barat. 

Wabup Erwan mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan tiga OPD Kabupaten Sumedang yakni BKPSDM, Dinas PMD dan Dinas Pendidikan. 

"Pemda Sumedang saat ini sedang berupaya keras untuk meningkatkan kualitas SDM di Kab. Sumedang dengan meningkatkan angka masa sekolah hingga jenjang perguruan tinggi." Ujarnya 

Wabup menjelaskan Saat ini UT sangat

mendukung program-program dari pemerintah dalam rangka peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Indonesia yang sejalan dengan Visi UT yaitu menyediakan akses pendidikan tinggi bagi semua lapisan masyarakat. 

"UT terus berkomitmen untuk menjangkau yang tidak terjangkau dengan melakukan pemerataan akses pendidikan tinggi di seluruh Indonesia seiring harapan warga Sumedang dalam melanjutkan jenjang pendidikannya semakin tinggi, " jelasnya. 

Ditambahkannya, melalui kerja sama ini, diharapkan para Kepala Desa di lingkungan Pemda Kabupaten Sumedang dapat meneruskan pendidikannya di UT sehingga nantinya meningkat pula kualitas SDM di Kab. Sumedang. 

UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 dan menjadi pionir di Indonesia yang mengedepankan Pendidikan Tinggi, Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ). 

"Dengan mode pendidikan jarak jauh, UT menjadi pilihan bagi para ASN yang aktif bekerja karena sifat pembelajaran yang fleksibel, serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpa terhambat ruang dan waktu," ungkapnya 

rata-rata jenjang pendidikan di Kabupaten Sumedang hanya mencapai 7,1 tahun yang berarti sampai kelas 2 SMP. 

"Maka dari itu, UT dapat menjadi sebuah solusi dalam mendongkrak rata-rata jenjang pendidikan di Kabupaten Sumedang sehingga dapat bersinergi dengan visi misi Sumedang Simpati 2023," pungkasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)