Pendaftar CPNS di Sumedang Capai 5.399


Baca juga : Kuota CPNS 2019, Sumedang Dapat 235 Orang


KOTA - Persaingan untuk menjadi CPNS di Kabupaten Sumedang cukup ketat. Tercatat sebanyak 5.399 orang mendaftar sebagai CPNS untuk wilayah Kabupaten Sumedang. Padahal, kuota untuk wilayah Sumedang sebanyak 235.  "Pendaftaran sudah ditutup pada Jumat (29/11/2019), yang mendaftar ada 5.399 orang. Ini berarti 22 kali lipat jumlahnya dari kuota yang disediakan," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang, Endi Ruslan, Senin (2/12/2019).

Sebetulnya, jumlah pendaftar yang mengambil formulir sebanyak 5.658 orang, namun yang mengembalikan formulir hanya 5.399 orang. Ia menjelaskan, untuk 5.399 orang pendaftar ini selanjutnya akan diverifikasi kelengkapan administrasinya. Hasil verifikasi tersebut akan diumumkan akhir Desember 2019.  "Untuk hasil verifikasi administrasi ini semua akan diumumkan, baik yang lulus maupun tidak," katanya.


Dibandingkan tahun lalu, jumlah pendaftar CPNC tahun ini lebih banyak. "Dulu dengan kuota 400 an CPNS jumlah pendaftar mencapai angka 4000 an orang. Namun sekarang dengan kuota 235 orang jumlah pendaftar mencapai 5399 orang," kata Endi.

Lebih jauh dikatakan, jumlah pendaftar ini mayoritas orang Sumedang. Namun ada juga pendaftar dari luar Sumedang seperti dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi, dan NTB. Menurutnya, banyaknya pendaftar dikarenakan kuota untuk tenaga teknis lebib banyak dibanding tahun sebelumnya.  Kemudian, pendaftar yang lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti seleksi kemampuan dasar dan juga seleksi kemampuan bidang yang dilaksanakan dengan sistem computer assisted test (CAT).

"Dengan sistem tersebut pendaftar bisa mengetahui apa yang bersangkutan lolos atau tidak menjadi CPNS, mengingat passing grade untuk kelulusan ini telah ditentukan," jelasnya .(agn)


CPNS

Berita Terkait