Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

GEDUNG NEGARA - Pemkab Sumedang menerima kunjungan digital startup di bidang teknologi satelit navigasi dan akurasi posisi dari Negara Finlandia, Rabu (1/2/2023). Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menerima langsung rombongan tersebut di Gedung Negara. "Alhamdulillah kemarin menerima rombongan Kang Ahmad Oki Mualim, pemilik perusahaan starup I/OVuo Oy dan CEO I/OVuo Oy Mr Roy Nyberg dari Helsinki Finlandia. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut kerja sama uji coba teknologi alat pemantau pergerakan tanah berbasis satelit," kata bupati, Jumat (3/2/2023).

Dikatakan, alat tersebut akan diuji coba di Cadas Pangeran, Citengah dan Bendungan Jatigede untuk mendeteksi pergerakan tanah dalam skala sentimeter. "Melalui alat ini insya Allah kita akan memiliki teknologi sistem peringatan dini mengetahui pergerakan tanah, longsor serta deformasi Bendungan Jatigede. Sumedang banyak kawasan rawan pergerakan tanah sehingga sangat membutuhkan teknologi sistem peringatan dini ini," ujarnya.

Adapun kata dia, kerja sama dan uji coba ini selain melibatkan perusahaan dari Finlandia juga kolaborasi dengan ITB dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). "Kunjungan ini sebagai tindak lanjut kunjungan saya ke Finlandia tahun lalu dan bertemu Kang Oki asal Pamekaran Rancakalong yang sedang studi S2 di Novia Autonomus Maritime Operation Turku Finlandia," ucapnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)